Air Berwarana Kuning Gelap Mengalir di Sungai Indra Makmu

air sungai
Air Berwarana Kuning Gelap Mengalir di Sungai Indra Makmu

ACEHTIMURSATU.COM | ACEH TIMUR – Air berwarna kuning Gelap yang diduga berasal dari salah satu pembuangan milik perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Bugak Plasma Sejahtera (BPS) yang beroperasi di kecamatan Indra Makmu Kabupaten Aceh Timur mengalir di sungai yang berada di kecamatan Indra Makmu tepatnya di gampong Alue Ie Mirah.Selasa (09/08/2022).

Akibat air sungai yang berwarna kuning gelap yang mengalir dari PKS tersebut membuat masyarakat tidak bisa lagi menggunakan air sungai tersebut untuk kepentingan sehari-hari.

Salah satu warga setempat dan juga pengamat lingkungan, Muhammad Nuraqi, mengatakan, sejak keberadaan PKS BPS tersebut selama setahun terakhir fungsi sungai berubah akibat tercemari limbah, bahkan habitat sungai banyak mati.

“Dimana sungai ini mengalir lintas kecamatan, mulai kecamatan Indra Makmu hingga Kecamatan Madat” terangnya.

Humas PKS BPS Syarial ST saat di komfirmasi ACEHTIMURSATU.COM mengatakan air tersebut sudah di ambil sampel untuk dilakukan pengecekan.

“Kami sudah ada analisa air dari PT Mitra Kimia Engenering hasil dari analisa air baku mutu di kolam limbah sepuluh sudah memenuhi standar dan layak untuk di buang, kalaupun PKS membuang air tersebut sudah tidak berdampak apapun.Beberapa waktu yang lalu juga sudah turun pihak dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Aceh Timur, karena warna air masih hitam mareka memberi saran untuk penambahan kolam agar endapan air lebih steril lagi. Itu adalah limbah, dan air tersebut sudah diambil sampel untuk dilakukan pengecekan, setelah pengecekan nantinya kita baru mengetahui kandungan air tersebut bahaya atau tidaknya, Ujar Sayhrial ST

Hingga berita ini diturunkan belum mendapatkan informasi yang lebih jelas terkait berwarna hijau hitam tersebut dan bahayanya air yang mengalir tersebut.