Diskominfo dan BKPSDM Aceh Timur Gelar Webinar Satu Data Indonesia

Webinar Satu Data Indonesia
Diskominfo dan BKPSDM Aceh Timur Gelar Webinar Satu Data Indonesia

ACEHTIMURSATU.COM | ACEH TIMUR-Guna memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instasi pusat dan daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kabupaten Aceh Timur bersama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Aceh Timur melaksanakan webinar satu data Indonesia.

Acara tersebut bertajuk peningkatan Kapasitas Kelembagaan Data Dan Statistik Sektoral Satu Data Indonesia di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur, Acara secara virtual ini dipusatkan di Aula BKPSDM setempat, Kamis (4/08/ 2022).

Kepala Dinas Kominfo Aceh Timur Nauli, SSTP, MAP dalam laporan kegiatan menyebutkan kegiatan ini merupakan langkah awal aktualisasi Peraturan Presiden nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia yang bertujuan untuk memberikan acuan pelaksanaan dan pedoman bagi instansi pusat dan instansi daerah dalam rangka penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Dasar pelaksanaan kegiatan Webinar ini sambung Nauli merujuk pada Peraturan Presiden Republik Indonesia nomor 39 tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Gubernur Aceh Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Satu Data.

“Tujuannya untuk meningkatkan kapasitas tentang penyelenggaraan data dan statistik sektoral kepada perangkat daerah dikabupaten Aceh Timur dan mewujudkan
ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan serta mudah diakses dan dipakai antar instansi pusat dan daerah” kata Nauli.

Staf Ahli Bupati Aceh Timur Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik M.Khairurradhi, S.Pd saat membuka Webinar menyampaikan bahwa penyelenggaraan sistem satu data Di Kabupaten Aceh Timur membutuhkan komitmen dan kerja keras dari seluruh komponen organisasi perangkat Daerah sesuai Kewenangan yang dimiliki.

”Untuk itu diharapkan Optimalisasi penyelenggaran Sistem Satu Data Kabupaten Aceh Timur memerlukan penyatuan persepsi dan pola pikir dari seluruh komponen, baik itu pembina yaitu Bappeda dan BPS, walidata yaitu Dinas Kominfo Dan Produsen Data Yaitu Seluruh Perangkat Daerah Di Kabupaten Aceh Timur,” ungkap Khairurradhi.

Acara yang digelar secara virtual ini menghadirkan narasumber Sayid Azhari,St,M.Si, Kepala Uptd Statistik Diskominsa Aceh dengan materi Penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Aceh dan Dr.Neni Sri Wahyuni,Sst,M.Si (Statistisi Pada Diskominsa kab.Aceh Tamiang) dengan materi Bestpratices Penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kabupaten Aceh Tamiang.(*)