Ini Dia Profil Calon Pj Bupati Aceh Tamiang, Iskandar AP


ACEHSATU.COM [ ACEH TAMIANG – Salah seorang calon PJ Bupati Aceh Tamiang yang direkomendasi DPRK Aceh Tamiang dari tiga nama yakni DR H Iskandar, AP, SSos MSi, pria kelahiran 49 tahun lalu ini saat ini menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Aceh.

Pria yang menamatkan jenjang pendidikan dasar dan menengah di Kota Lhokseumawe meniti karir dari bawah usia Ia menjadi PNS di lingkungan Pemkab Aceh Utara.

Pria lulusan magister ekonomi pembangunan USK sejak 2018 mulai mendapat tempat di lingkungan Pemerintah Aceh dengan menjadi Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh dan saat ini dipercayakan menempati posisi Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Aceh (2021).

Berikut profil calon PJ Bupati Aceh Tamiang, Iskandar AP.

Pria kelahiran Banda Aceh, 23 Desember 1973 ini, menyelesaikan pendidikan Dasar, pertama dan menengah di Kota Lhokseumawe.  

Tahun 1997 mengambil D-IV di STPDN Jatinangor. Kemudian melanjutkan S1 di Universitas Brawijaya (lulus tahun 2000), pasca sarjana magister ekononomi pembangunan USK (lulus tahun 2006)

Terakhir pendidikan doktor dengan konsentrasi ilmu sosiologi di Universitas Indonesia, Jakarta (lulus tahun 2012).

Golongan ruang dan pangkat terakhir adalah pembina utama madya (IV/d) dengan TMT Pensiun 1 Januari 2034. 

Rekam jejak pengalaman Iskandar sebagai birokrat sudah teruji sebab yang bersangkutan memulai karir dari jenjang paling bawah dan banyak dihabiskan di wilayah Aceh Utara dan Lhokseumawe. 

Mulai dari Kasi Pemerintahan Kantor Camat Dewantara Aceh Utara (1998), Kasubbag Data dan Analisa Kebijakan Setdakab Aceh Utara Aceh Utara (2001), Kasubbag Perencanaan Pendidikan dan Pengembangan Pegawai Sekretariat Daerah Lhokseumawe (2002).

Kemudian menjabat Kabag Kepegawaian Sekretariat Daerah Lhokseumawe (2006), Kabag Pemerintahan Sekretariat Daerah Lhokseumawe (2012), Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Lhokseumawe (2015) dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong Lhokseumawe (2017).

Sejak 2018 diangkat sebagai Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Sumber Daya Manusia dan Hubungan Kerjasama Sekretariat Daerah Aceh, lalu Kepala Badan Kepegawaian Aceh (2019) hingga terakhir Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Aceh (2021).(*)



ACEHSATU