Jadilah Mahasiswa Cerdas, Berikut 9 Tips Menghemat dan Mengelola Keuangan

ACEHTIMURSATU.COM – Saat menjadi sedang menjalani masa pendidikan di perguruan tinggi, tak jarang bagi mahasiswa mengalami kesulitan dalam hal mengatur keuangan. Apalagi untuk mereka yang berkuliah jauh dari rumah atau merantau.

Agar proses belajar tidak terganggu dengan kondisi keuangan, ada baiknya untuk kalian para mahasiswa belajar bagaimana cara mengatur keuangan dari sekarang. Jika kamu ingin menghemat dan mengelola keuangan selama menjalani masa kuliah, simak tips berikut ini.

1.Membiasakan Diri untuk Menabung

Kebiasaan menabung sebenarnya sudah diajarkan kepada kita sejak kecil, mulai dari sekolah dasar hingga orang tua kita di rumah yang senantiasa mengingatkan untuk menabung. Menabung memiliki banyak manfaat, mulai dari melatih kedisiplinan hingga menyelamatkan kita di saat terdesak. Dengan memiliki tabungan yang cukup saat kuliah, hal ini tentu akan membantu kita untuk memenuhi beberapa kebutuhan yang cukup mahal.

Untuk itu, dari setiap uang yang kita perolehi, biasakan untuk selalu menyisihkan sedikit untuk ditabung. Dari jumlah yang sedikit akan menjadi banyak jika rutin untuk dilakukan.

2.Mengelola Pemasukan

Sebagai mahasiswa, pemasukan utama yang diterima adalah uang saku yang diberikan oleh orang tua. Tergantung kondisinya jumlah uang yang diterima bisa saja cukup ataupun tidak untuk memenuhi kebutuhan selama sebulan.

Untuk itu perlu bagi mahasiswa untuk tetap menghemat dan mengelola jumlah uang yang masuk agar bisa memenuhi kebutuhan. Di samping itu, perlu bagi Anda, para mahasiswa untuk memiliki catatan pemasukan selama beberapa periode tertentu yang akan membantu Anda untuk mengelola pemasukan yang terbatas.

3.Membuat Anggaran Pengeluaran

Setelah mengetahui jumlah pemasukan dalam beberapa periode tertentu, perlu juga bagi Anda untuk mengetahui berapa jumlah yang akan dikeluarkan di periode tersebut. Lebih baik untuk mengategorikan pengeluaran sesuai dengan prioritasnya.

Selalu sisihkan pengeluaran yang bersifat wajib di awal dan selalu catat pengeluaran lainnya. Selain itu, selalu perhatikan pengeluaran setiap bulannya dan identifikasi hal apa saja yang bisa dipangkas sehingga Anda bisa lebih berhemat.

4.Hindari Kredit atau Cicilan

Bagi para mahasiswa sebaiknya menghindari untuk melakukan pembelian barang secara cicilan apalagi hanya untuk memenuhi kebutuhan tersier. Sebagai mahasiswa yang belum mempunyai pemasukan sendiri akan lebih baik jika dana tersebut Anda alokasikan untuk berinvestasi ataupun menabung. Hal ini akan lebih membantu Anda untuk menghindari risiko terlilit hutang yang akan merugikan Anda di masa depan.

5.Mulai Belajar untuk Investasi

Merupakan pilihan yang bijak jika Anda memutuskan untuk berinvestasi kecil-kecilan sedari muda. Mungkin kata investasi masih terdengar asing atau bahkan terlalu megah untuk ukuran mahasiswa.

Hal ini disebabkan kebanyakan investasi terkadang memiliki risiko kerugian, apalagi jika kita tidak memiliki pengalaman sebelumnya. Namun, akan lebih baik jika anda mulai belajar mengetahui tentang investasi sejak dini dan mulai melakukan investasi dengan risiko minim seperti deposito ataupun reksa dana.

6.Merencanakan Dana Cadangan

Dana cadangan agak berbeda dengan menabung ataupun investasi. Agar lebih mudah dipahami, tabungan adalah dana yang dipersiapkan untuk tujuan tertentu seperti membeli laptop atau HP dengan periode waktu tertentu.

Sedangkan investasi adalah dana yang kita tabung untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Sementara itu, dana cadangan adalah dana yang kita persiapkan untuk keadaan darurat yang di luar dari rencana ataupun perhitungan kita.

7.Mencari Penghasilan Sampingan

Untuk membantu agar pemasukan lebih stabil, ada baiknya sebagai mahasiswa untuk mempertimbangkan mencari pekerjaan freelance ataupun paruh waktuApalagi saat ini sudah banyak tersedia pilihan pekerjaan yang bisa ditemukan melalui internet, tetapi usahakan untuk mencari pekerjaan sampingan yang tidak menyita terlalu banyak waktu. Sebagai mahasiswa, Anda juga dapat mencari kesempatan untuk bisa menjadi asisten dosen atau pegawai paruh waktu di kampus.

8.Menyesuaikan Kebutuhan dan Keinginan

Untuk yang satu ini memang diperlukan dengan pengendalian diri, khususnya sebagai anak muda terkadang ingin untuk mengikuti tren atau menjaga gengsi di lingkaran pergaulan.

Sebaiknya, Anda perlu untuk selalu mengingat antara keperluan dan kebutuhan. Sebagai contoh, mahasiswa perlu perangkat elektronik seperti ponsel ataupun laptop sebagai penunjang kegiatan kampus ataupun untuk kegiatan sehari-hari.

Di sini perlu sekali untuk membedakan yang mana kebutuhan dan yang mana keinginan pribadi saja. Daripada menggunakan ponsel terbaru seharga belasan juta hanya untuk mengikuti tren, lebih baik untuk menggunakan OPPO Reno yang memiliki harga lebih terjangkau, tetapi tetap memiliki fungsi dan fitur yang diperlukan.

9.Menjaga Kesehatan

Hal ini merupakan hal yang penting juga dilakukan untuk menjaga kondisi keuangan Anda. Sebabnya, saat ini biaya pengobatan juga cukup mahal dan sering datang secara tidak terduga. Hal sederhana yang perlu dilakukan adalah dengan menjaga pola makan dan olahraga secara teratur. Menjaga kesehatan juga merupakan sebuah investasi agar kamu dapat tetap produktif di masa mendatang.