Kelompok Tani Meurante Holtikultura Abdya Kembangkan Tanaman Sorgum


ACEHSATU.COM | Blangpidie – Tanaman Sorgum mulai dikembangkan oleh Kelompok Tani Meurante Hortikultura dari Aceh Barat Daya (Abdya) di lahan kosong berlokasi di daerah kompleks Pendidikan Padang Meurante yang terletak di Gampong Ujong Padang, Kecamatan Susoh.

Pengembangan tanaman yang berasal benua Afrika itu kelompok tani tersebut bekerjasama dengan Himpunan Peternak Petani dan Nelayan Sumatra Utara (HIPPENSU).

“Penanaman sorgum kemarin itu merupakan upaya kita untuk membudidayakan kembali tanaman sorgum sebagai sumber pangan Alternatif,” kata Nuh Mukhlis, mewakili HIPPENSU, Senin (21/11/2022).

Mukhlis menjelaskan. Dulu, di sejumlah daerah sorgum menjadi sumber pangan pokok seperti halnya padi atau beras.

Akan tetapi, tanaman Sorgun tersebut dilupakan orang, karena bahan pangan selalu identik dengan beras.

“Orang Indonesia belum makan kalau belum ketemu nasi. Padahal negara kita sangat kaya potensi sumber pangan, selain beras. Ada ubi, jagung, sagu, sukun, dan banyak lagi. Ini juga tidak boleh dilupakan adalah sorgum,” kata Muhklis.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Meurante Hortikultura Abdya, Mukhlis Muhdi menjelaskan bahwa kerjasama yang dilakukan Hippensu hari itu merupakan upaya dari kelompok taninya dalam rangka melakukan diversifikasi tanaman pangan.

Sekaligus lanjut Muhdi, pihaknya ingin memperkenalkan sumber tanaman pangan dan pakan alternatif kepada petani di Abdya dalam rangka meningkatkan produksi pertanian serta meningkatkan pendapatan petani itu sendiri.

Menurut Muhdi, Sorgum tersebut merupakan tanaman sehat, mudah dibudidayakan, rendah biaya produksi dan sangat bermanfaat untuk kesehatan.

“Semoga kita ini menjadi Pilot Project pengembangan Sorgum di Abdya nantinya,” harap Muhdi.

Sorgum merupakan salah satu tanaman pangan lahan kering. Sorgum dapat digunakan sebagai pangan, pakan, dan bioenergi (bioetanol), mampu beradaptasi pada lahan marginal dan membutuhkan air relatif lebih sedikit karena lebih toleran terhadap kekeringan dibanding tanaman pangan lain.

Konon sorgum berasal dari Afrika. Sorgum lebih dikenal sebagai bahan sirup, seperti di Amerika Serikat.

Namun, sorgum juga bisa dijadikan tepung sebagai pengganti tepung gandum. Biji sorgum mempunyai kualitas nutrisi sebanding dengan jagung dan beras, bahkan kandungan proteinnya lebih tinggi, namun kandungan lemaknya lebih rendah.

Sorgum termasuk tanaman sejenis rumput-rumputan dan masih satu keluarga dengan padi, jagung, dan gandum.

Kandungan karbohidrat dalam bijinya cukup tinggi, sehingga dapat dikonsumsi sebagai makanan pokok. Akan tetapi, sebagian besar produksi sorgum digunakan sebagai pakan ternak.



ACEHSATU