PAW Irwanda Berbuntut Panjang

PAW anggota DPRK Aceh Timur
PAW Irwanda Berbuntu Panjang

ACEHTIMURSATU.COM | ACEH TIMUR – Terkait Pergantian Antar waktu (PAW) salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Timur Fraksi Partai Aceh masih berbuntu panjang.

Sampai saat ini kisruh PAW anggota DPRK Aceh Timur Irwanda belum menemukan titik terang.

Sebelumnya sempat  di beritakan beberapa media online terkait PAW anggota DPRK Aceh Timur Irwanda yang kemudian beruujung ke upaya melakukan gugatan ke PN Idi.

Anggota DPRK Aceh Timur dari Fraksi Partai Aceh, Irwanda kembali mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung Republik Indonesia terkait Pergantian Antar Waktu ( PAW) terhadap dirinya, Kamis (4/8/2022).

Akta pernyataan permohonan kasasi perkara perdata nomor 8/PDT-SUS-Parpol/2022/ PN IDI tersebut ditanda tangani panitera Pengadilan Negeri Idi Megawati SH.

Dalam akta tersebut diterangkan Irwanda sebagai pemohon kasasi lawan DPW Partai Aceh Kabupaten Aceh Timur selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah, Dkk sebagai termohon kasasi.

Sebagaimana diketahui, Irwanda dan kuasa hukum Muslim Agani, SH telah berupaya melakukan gugatan ke PN Idi terkait pergantian antar waktu kliennya. Namun gugatan tersebut tidak dapat diterima atau NO (Niet ontvankelijke verklaard).

Saat dihubungi secara terpisah oleh ACEHTIMURSATU.COM, Irwanda meminta semua pihak untuk bersabar

“Saya berharap semua pihak bisa bersabar dan taat hukum sampai ada sebuah keputusan incrah atau tetap dari MA,” Kata Irwanda.

Sebelumnya diberitakan, merasa Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap dirinya sendiri oleh DPA-PA dengan alasan yang tidak jelas dan mengada-ngada, Irwanda tak terima dan kuasa kepada kuasa hukumnya untuk mengajukan surat surat. 

Seperti dilansir RILIS.NET, Anggota DPRK Aceh Timur dari Fraksi Partai Aceh Irwanda Hamzah mengajukan surat kepada Mahkamah Partai Aceh (Tuha Peut), serta telah menyurati KIP Aceh Timur terkait Pergantian Antar (PAW) terhadap dirinya.

Pernyataan itu disampaikan oleh Irwanda melalui kuasa hukumnya Muslim A gani kepada RILIS.NET pada Kamis (21/4/2022).

Muslim A gani SH mengaku baru surat kuasa sebagai Kuasa Hukum Irwanda kemarin sore, tanggal 20 April 2022, terkait Surat Keputusan DPA-PA No.202/KPTS/DPA/4/2022. Tentang Pergantian Antar Waktu (PAW) terhadap Saudara Irwanda sebagai Anggota DPRK Aceh Timur Periode 2019-2024.

“Perlu kami informasikan klien kami baru mengetahui adanya Surat Keputusan tersebut kemarin siang, dan telah membaca isinya sehingga kami mengambil langkah dengan menyurati KIP Aceh Timur, terkait Surat DPW PA tentang Pergantian Antar Waktu (PAW) No.16.AT/3.7/IV/ 2022 tanggal 19 April 2022,” kata Muslim A gani.

Direktur Eksekutif Aceh Legal Consul (ALC) ini juga menambahkan, Seharusnya dengan turunnya surat DPA-PA terlebih dahulu telah menerimanya.

“Sehingga kami berhak untuk mengajukan keberatan kepada Mahkamah Partai Aceh (Tuha Peut) terkait dengan pertimbangan DPA-PA untuk melakukan recall kepada klien. Namun, kami tetap mengajukan keberatan ke Mahkamah Partai Aceh,” terang A gani.

Seiring surat DPW-PA Aceh Timur kepada Ketua DPRK Aceh Timur tentang PAW tambah Muslim, mengingat sikap diam DPW-PA Aceh Timur terlebih dahulu mengantisipasi dengan menyurati KIP tanpa menunggu Surat dari DPRK Aceh Timur kepada KIP Kabupaten Aceh Timur.

“Perlu kami tegaskan, alasan-alasan Pergantian Antar Waktu, ini terlalu mengada-ngada, seharusnya Sekretaris dewan itu jujur, mengapa klien kami tidak masuk kantor, dia kan bahkan membantu musibah yang menimpa klien kami, ada vidio, foto dan rekam medis lengkap jadi bukan mengada-ngada atau sengaja,” tegasnya.

Oleh karena itu, Muslim turut meminta semua pihak agar menghormati proses yang sedang berjalan. “Semua pihak kami minta kita hormati proses yang sedang berjalan baik dari DPW-PA dan atau Klien kami melalui Kuasa Hukumnya,” Pungkas Muslim A gani. (*)