Pemkab Aceh Timur Buka Kegiatan Sosialisasi Pembauran Kebangsaan

ACEH TIMUR, kompasaceh.com | Bupati Aceh Timur, H.Hasballah Bin HM Thaib, SH melalui Asisten  Bidang Pemerintahan Setdakab Aceh Timur Syahrizal Fauzi, S.STP, M.AP membuka kegiatan Sosialisasi Pembauran Kebangsaan.
Kegiatan yang dilaksanakan oleh  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Timur itu berlangsung di Aula Rumah Sakit Graha Buda, Aceh Timur, Selasa (31/05/2022).
Pada kesempatan itu, Syahrizal mengatakan, berbicara mengenai pembaruan tidak terlepas dari nilai kebangsaan yang diperkuat empat pilar utama sebagai telah diletakkan oleh bapak bangsa (the founding father).
“Nilai-nilai kebangsaan yang telah dibangun, maka sudah semestinya adanya perubahan dan kemajuan di dalam bernegara,” ujar Syahrizal.
Ia menambahkan, untuk mendukung dan memperkokoh kesatuan dan persatuan bangsa, Pemerintah Aceh Timur akan membentuk Forum Pembauran Kebangsaan (FKP). 
Fungsi utama forum tersebut, kata Syahrizal, untuk memberikan pencerahan dan pendidikan akan pentingnya pembauran kebangsaan bagi masyarakat juga memberikan sejumlah rekomendasi kepada daerah dalam pemeliharaan pembauran kebangsaan.
“Selain itu, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita untuk memelihara hubungan antar suku, ras, dan etnis serta adat istiadat,” pungkas Asisten  Bidang Pemerintahan Setdakab Kabupaten Aceh Timur Syahrizal Fauzi, S.STP, M.AP.
Sebelumnya, Kabid pemantapan idiologi kebangsaan pada Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Aceh Timur, Ilyas SE mengatakan, peserta yang diundang pada kegiatan tersebut sebanyak 50 orang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan tokoh perempuan yang berasal dari beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Timur.
“Tujuan dilaksanakan acara sosialisasi pembauran kebangsaan ini yaitu untuk menyatukan persepsi di kalangan tokoh masyarakat dalam mewujudkan dan memelihara keharmonisan antar suku, ras, etnis, budaya, dan adat istiadat untuk menjaga persatuan bangsa dalam menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan,” jelas Ilyas SE. [Redaksi].