Rumah Pimpinan Ponpes Darussalam Abuya Mawardi Waly Terbakar


ACEHSATU.COM | Labuhanhaji – Rumah Pimpinan Pondok Pesantren Darussalam, Abuya H. Mawardi Waly (80), di Labuhanhaji hangus terbakar, Rabu (23/11/2022) sekitar pukul 14.15 WIB.

Rumah tersebut terletak di perkarangan pesantren di Gampong Blang Poroh, Kecamatan Labuhanhaji Barat, Kabupaten Aceh Selatan.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Selatan, Zainal mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran yang menghanguskan rumah Abuya Mawardi Waly, namun kerugian ditaksir mencapai Rp 450 juta.

Zainal menjelaskan, awalnya petugas BPBD damkar PB 03 Labuhanhaji menerima informasi dari seorang santri bernama Fajrul Hady (19) bahwa rumah Abuya Mawardi Waly terbakar.

“Menerima informasi itu, tim kita langsung bergerak ke lokasi guna dilakukan pemadaman api yang sedang melahap rumah Abuya,” ungkap Zainal.

Karena api semakin membesar, kata dia, tim damkar PB 03 Labuhanhaji meminta bantuan mobil damkar PB 02 Meukek dan mobil damkar milik PB 01 Tapaktuan. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.15 WIB.

“Kalau menurut informasi yang kita peroleh di lapangan, api awalnya berasal dari ruang tengah kamar Abuya H. Mawardi Waly dan terus merambat ke bagian atap rumah, akan tetapi kita belum bisa memastikan apakah itu benar, karena saat ini terkait api dari mana berasal sedang dilakukan proses penyelidikan oleh pihak berwajib,” jelasnya.



ACEHSATU